Tipe Hujan

•Hujan Asam
Hujan Asam adalah hujan yang kondisi airnya menunjukan tingkat keasaman yang tinggi. Hujan tersebut dapat terjadi karena uap air yang masih berada di atmosfer terkontaminasi oleh polusi udara sebagai akibat pembuangan gas pabrik, asap kebakaran hutan dan unsur lain.

•Hujan Orografis ( Hujan Pegunungan)
Hujan Orografis adalah hujan yang terjadi di lereng – lereng pegunungan. Hujan Orografis terjadi karena udara yang mengandung uap air terhalang pegunungan / gunung dan mengalami proses kondensasi karena pendinginan temperatur kemudian turun menjadi hujan.

•Hujan Zenithal (Hujan Konveksi)
Hujan Zenithal adalah hujan yang disebabkan oleh naiknya udara (Karena pemanasan di atas permukaan bumi) yang mengandung uap air ke angkasa secara tegak, kemudian mengalami kondensasi karena pendinginan temperatur lalu turun menjadi hujan.

•Hujan Frontal (Front)
Hujan Frontal adalah hujan yang terjadi karena pertemuan dua massa udara yang berbeda temperaturnya, yaitu massa udara panas dan massa udara dingin. Pertemuan dua massa udara tersebut mengakibatkan massa udara panas yang bermuatan uap air cukup banyak akan naik ke atas massa udara dingin, kemudian terjadi pengembunan dan turun hujan

Sumber : IPS terpadu , 1B semester 2
Penyusun Tim Abdi Guru
Penerbit Erlangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: