Pantai dan Pesisir

Pantai adalah tempat bertemunya daratan dan lautan. Pada waktu – aktu tertentu, permukaan laut naik (terjadi pasang naik) dan permukaan laut turun (terjadi pasang surut). Bagian lahan yang terdapat di antara batas pasang naik dan pasang surut disebut pantai (shore). Berikut dijelaskan beberapa jenis pantai.

v Pantai Estuaria

Pantai estuaria adalah pantai yang berbentuk corong karena pemerosotan daratan rendah dekat pantai. Contoh : pantai estuaria di timur Inggris dan pantai timur Sumatera.

v Pantai Dalmatia

Pantai Dalmatia adalah pantai yang terjadi karena barisan – barisan pegunungan yang terletak paralel mengalami pemerosotan. Contoh : Pantai Dalmatia di Laut Adriatik

v Pantai Ria

Pantai Ria adalah pantai yang terjadi karena daerah tanah tinggi yang berbatasan dengan pantai mengalami pemerosotan. Contoh : Pantai Ria di barat Laut Spanyol dan barat daya Irlandia.

Selain ketiga jenis pantai tersebut, menurut kecuraman daratan pantainya, ada pantai curam dan ada pantai landai. Contoh pantai curam ialah Pantai Parangtritis (Yogyakarta) dan contoh pantai landai ialah Pantai Kuta (Bali)

 

Pesisir adalah tanah atau daerah yang berbatasan dengan laut, dalam hal ini daratan yang tidak terkena air laut. Daerah pesisir tanahnya identik dengan tanah pantai, yaitu berpasir dan berkerikil. Pesisir tidak hanya di laut, tetapi dapat juga di tepian danau. Lebar jalur pesisir tersebut tidak tentu, dapat sempit dan lebar hingga beberapa kilometer.

Sumber : IPS Terpadu, 1B Semester 2

Penyusun Tim Abdi Guru

Penerbit Erlangga

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: